mengenal lebih dekat Apa itu per daun. Per daun merupakan salahsatu sistem
suspensi yang perannya masih digunakansampai saat ini, meski terbilang sistem
suspensi jadul, tapi jangan salah loh..! pada kendaraan terbaru saat ini
sistem suspenai per daun (leaf spring) masih digunakan pada beberapa
jenis mobil keluaran terbaru.
Kebanyakan digunakan pada mobil niaga seperti daihatsu granmax pick-up, New
carry, bahkan Mitsubishi strada dan pord rangger. Pada mobil besar seperti
truk dan bus juga masih menggunakan type suspensi Per Daun, meski sebagian bus
sudah ada Yang menggunakan suspensi udara.
Kenapa jenis suspensi per daun ini masih tetap dipertahankan hingga saat
ini? Alasannya simpel saja. Karna Per daun memiliki keunggulan dalam hal membawa
beban yang sangat berat ketibang suspensi coilspring, sehingga beberapa
produsen masih tetap mempertahankan suspensi yang satu ini.
Pungsi suspensi Per daun pada kendaraan
Sedikit membahas mengenai peran dari suspensi per daun pada setiap kendaraan,
diantanya yaitu untuk menahan guncangan, getaran, serta hentakan yang
dihasilkan ketika mobil tersebut melewati berbagai kondisi jalanan. Pada
setiap ujung lembaran Per daun urutan pertama dilengkapi dengan karet Bushing
Per, Yang mana pungsinya sebagai pelindung untuk menghubungkan Per dengan
sasis melalui anting Per. Sedangkan pada bagian tengah Per perpungsi untuk
menghubungkan antara gardan dengan Per dan di ikat dengan baut U.
Keunggulan suspensi Per daun.
Perdaun terdiri dari beberapa lembaran Per Yang tersusun rapih dengan posisi
menumpuk, rata-rata terdapat 4 atau bahkan 5 lembar perdaun di setiap rodanya.
Dengan jumlah lembaran Per tersebut tentunya membuat mobil menjadi lebih kuat
dalam hal menahan beban muatan berat.
Mobil tidak limbung
Beberapa pemilik Mobil Yang mengunakan suspensi Per daun tidak pernah
mengalami masalah seperti limbung, meskipun pada saat mobil melaju kencang.
Hal ini bisa disimpulkan bahwa suspensi tipe Per daun sangat kokoh dalam
menhadapi berbagai kondisi jalanan. Terkecuali adanya masalah pada bagian
peredam kejut (shockbreaker) .
Kekurangan suspensi Per daun
Setiap kelebihan pastinya ada kekurangan, begitu lah yang dirasakan setiap
orang pada saat mengendarai mobil dengan type suspensi Per daun. Salahsatu
kekurangan yaitu sebagai berikut:
1. Per terasa keras dan kurang nyaman.
Karna suspensi per daun pada Mobil bukan hanya hanya satu lembar, melainkan 4
sampai 5 lembar pada setiap rodanya. Hal ini tentu menjadi kurang nyaman dan
mobil terasa sangat keras bantingannya. Tapi pada saat mobil mengangkut muatan
berat tentunya suspensi akan terasa nyaman karna seimbang dengan muatan.
Per daun mudah patah
Type suspensi Yang kokoh seperti Per daun ini bukan berarti terhindar dari
kata rusak. Justru Per daun sering mengalami patah, hal ini bisa terjadi
lantaran seringnya mengangkut muatan berat, selain itu Per daun patah juga
bisa diakibatkan pelastik teplon atau bantalan Per sudah tipis atau sudah
habis, sehingga mengakibatkan adanya gesekan antara ujung Per yang satu
denganYang lainnya. Sehingga jika dibiarkan Per akan menipis dan patah.
Per daun sering bunyi
Selain patah, kekurangan pada Per daun yaitu sering bunyi. Munculnya bunyi
terasebut bisa diakibatkan Bushing Per sudah aus atau sobek. Selain itu akibat
bunyi lainnya disebabkan oleh teplon plastik pemisah antara lembaran Per sudah
tipis. Mungkin itu saja beberapa keunggulan dan kekurangan pada sistem
suspensi Per daun. Semoga bermanfaat.
baca juga: -
Cara ganjal Per daun biar ceper
Comments
Post a Comment